Resensi Buku




Judul                :           Menyiangi Petang

Menyibak Aneka Karakter Anak-Anak Cerdas Istimewa (Gifted) di Jogjakarta

Pengarang       :           Alita H. – Dati F. – Decita H. Tutyastri – Dwi Hermono – Helen–
                                    Herlina D. Kuswanti – Ika Rahmawati H. – Laorien – Mona R. K. –
                                    Patricia Lestari T. – Rusmawati Wawa – Veronica Tanti

Penerbit          :           Ladang Kata

Cetakan           :           ke-1

Tebal Buku      :           230 halaman



Buku ini membahas tentang anak cerdas istimewa atau bahasa yang lebih kerennya adalah gifted. Menurut buku ini, Gifted sendiri ialah istilah yang diberikan untuk menjelaskan kondisi seseorang yang memiliki kemampuan untuk melakukan sesuatu di atas rata-rata dari orang seusianya. Dan diperkirakan 5% populasi manusia adalah Gifted. Untuk mengetahui gifted atau tidaknya seseorang perlu dilakukan tes psikologi. Tak lupa dituliskan ciri atau tanda sesorang yang dapat dikatakan sebagai gifted, namun dari yang disebutkan tidak semua anak-anak yang tergolong gifted mengalami semua poin, tentu hanya menunjukkan sejumlah poin yang signifikan. Dalam buku ini, gifted memiliki dua kategori yaitu gifted harmoni dan gifted disinkroni. Anak-anak yang terkategori gifted harmoni ialah mereka yang tidak mengalami masalah dengan adanya lompatan perkembangan yang tidak sinkron, meski demikian mereka tetap mengalami masalah apabila mereka terpaksa berkembang dalam suatu sistem yang didesain untuk anak normal. Sedangkan gifted disinkroni, semakin besar lompatan perkembangan antara satu aspek dengan lainnya berhubungan dengan banyaknya masalah, masalah bisa berwujud dalam ketidakharmonisan perkembangan di beberapa area intelegensia, bicara, motorik, sensoris dan emosi. Buku ini juga memberikan rincian untuk membedakan anak cerdas normal dengan anak cerdas istimewa. Cara belajarnya pun berbeda dengan anak-anak lainnya, sekitar 2/3 anak gifted menggunakan cara belajar visual spatial learner (VSL) atau belajar melalui gambar, mereka juga memiliki cara berpikir dari global ke detail yang juga berbeda dari anak-anak lain dan mereka sangat ingin mengetahui banyak hal. Anak-anak gifted VSL termasuk anak-anak yang jenius dan kreatif, diantaranya tokoh-tokoh terkenal didunia seperti Bill Gates, Mark Zuckerberg, Steve Jobs, dan sebagainya. Anak gifted juga memiliki kebutuhan khusus, mereka memiliki karakter-karakter yang unik sehingga mereka perlu ditangani dengan program-program khusus. Diceritakan pula berbagai cerita pengalaman dari para orang tua yang memiliki anak cerdas istimewa, mulai dari kesadaran akan anaknya yang ternyata berbeda dengan anak seusianya, cara mengasuhnya yang penuh dengan kesabaran dan ketelatenan, dan cara mengembangkan anak mereka agar tidak underachievement.

Buku ini memiliki keunggulan yaitu adanya pembahasan tentang gifted dengan bahasa penyampaiannya yang mudah dimengerti oleh orang awam sekaligus. Selain itu, dengan adanya cerita-cerita pengalaman dari para orang tua yang memiliki anak cerdas istimewa, para pembaca dapat membayangkan hasil dari yang diceritakan dan tentunya menambah khazanah dunia parenting tentang anak gifted.

Selain kelebihan tentunya buku ini memiliki kelemahan. Kelemahan pada buku ini adalah adanya bahasa-bahasa asing, tentunya hal ini sangat membingungkan bagi para pembaca awam. Selain itu, walau hanya sedikit ada diksi kata atau pemilihan kata yang kurang tepat, sehingga membacanya harus berulang-ulang agar mampu dicerna atau dipahami

Buku ini sangat bermanfaat bagi masyarakat untuk mengetahui tentang seluk-beluk anak gifted dan mampu menyadari tanda-tanda mencurigakan yang ditampilkan oleh anak-anak disekitar sebagaimana yang telah dijelaskan pada buku ini. Selain itu, dengan membaca buku ini masyarakat diharapkan mampu menghargai keberadaan anak-anak gifted dan memperlakukannya dengan manusiawi.

Read Users' Comments (0)

0 Response to "Resensi Buku"

Posting Komentar